Resmi Meluncur, Toyota Yaris Terganas


Nusaperdana.com - Menyusul peluncurannya pada Oktober 2019 lalu, Toyota akhirnya merilis All New Yaris World Rally Championship (WRC) versi jalan raya.Hatchback yang datang dengan nama Toyota GR Yaris ini, resmi diperkenalkan dalam ajangTokyo Auto Salon 2020 di Jepang, Kamis (9/1/2020).

Melansir dari Toyota Global, GR Yaris hadir menggunakan platform sports 4WD Toyota New Global Architectur (TNGA). Toyota Gazoo Racing sebagai divisi motorsport, merancangnya dengan spesifikasi khusus guna mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Nuansa sporty dihadirkan hampir di semua sektor. Guna mengejar tingkat aerodinamika yang optimal, perangkat body kit disematkan lengkap bersama diffuser dan intake yang besar.

Untuk mendongkrak aura agresifnya, Toyota membenamkan pelek BBS berdimensi 18 inci multi-spoke yang kemudian disandingkan ban Michelin Pilot Sport 4S. Bagian atapnya juga diganti dengan meterial carbon fiber reinforced plastic (CFRP) yang memiliki bobot lebih ringan.

Proses rancang bangun untuk mendapatkan bobot yang lebih ringan diteruskan dengan asupan performa yang berkualitas.

Urusan dapur pacunya GR Yaris ini cukup menarik, pasalnya Toyota lebih memilih untuk membenamkan mesin G16-GW dengan spesifikasi tiga silinder 1.600 cc turbo dibandingkan menjejalinya dengan kubukasi yang lebih besar.

Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 268 tk dan torsi sebesar 370 Nm yang ditransfer melalui sistem transmisi enam percepatan manual dan penggerak GR-Four AWD. Tak heran, bila GR Yaris disebut-sebut sebagai hatchback buas yang memiliki performa mempuni.

Sistem penggerak GR-Four AWD yang diusung GR Yaris memiliki tiga karakter yang bisa dipilih oleh pengendara.

Mulai dari Normal dengan pembagian distribusi torsi 60 persen ke depan, Sport (30:70), dan Track dengan distribusi 50:50 yang dapat dicoba untuk melajukan Yaris di lintasan balap.

Toyota akan memproduksi GR Yaris di Motomachi Plant, Jepang, yang memang menjadi basis utama untuk model-model GR. Toyota menawarkan GR Yaris dalam dua varian, untuk tipe RZ First Edition dipasarkan sekitar Rp 499 jutaan, sementara RZ High-Performace First Edition sebesar Rp 578 jutaan.**


[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar